4 IDE SCREENING SUPAYA ACARA PEMUTARAN KAMU LAIN DARI YANG LAIN

Salah satu poin yang bisa bikin acara screening kamu sukses adalah pemilihan film yang diputar. Kalau disukai masyarakat dan sudah dikenal luas, apalagi banyak yang nyari-nyari di mana bisa dapetin film itu, udah pasti acara pemutaran kamu bakalan ramai. Tapi ada satu lagi nih faktor penentu yang bisa bikin acara screening kamu didatengin banyak orang, yaitu ide di balik screening itu sendiri.

Gak sedikit pemutaran yang sering kamu lihat itu diadakan hanya untuk sekedar nonton bareng aja. Gak masalah sih, karena intinya adalah untuk mengapresiasi film dan senang-senang. Tapi kalau tujuan kamu lebih dari itu, ada baiknya kalau screening kamu diberi nilai tambahan dan disesuaikan dengan timing yang tepat! Ini beberapa ide yang bisa kamu coba:

1. In-Depth Screening

Biar acara screening makin seru dan "bernutrisi", tambahkan sesi diskusi dengan narasumber-narasumber ternama atau yang lebih baik lagi, dengan sutradaranya langsung! Konsep seperti ini bukan hanya menjadi ajang untuk apresiasi film saja, tapi juga bisa menambah wawasan pesertanya dengan mendapatkan insight-insight dan cerita-cerita di balik layar yang mungkin mereka lewatkan dengan hanya menonton filmnya.

2. Occasional Screening

Dengan menumpang momen-momen penting yang sedang ngetren, screening yang kamu rencanakan pasti akan mendapatkan lebih banyak perhatian daripada screening-screening lainnya. Beberapa occasion lain yang bisa kamu tebengin itu antara lain Hari Bumi (dengan memutar film-film mengenai alam seperti "Flutter Echoes and Notes Concerning Nature"), atau mungkin peristiwa-peristiwa penting bersejarah seperti tragedi 98 (dengan memutar film-film seperti "Langit Masih Gemuruh").

3. Holiday Screening

Selain momen-momen penting, hari-hari libur yang dirayakan secara nasional dan internasional seperti liburan sekolah atau libur Natal dan Tahun Baru bisa juga dijadikan tema untuk acara pemutaran kamu, lho! Apalagi karena bertepatan dengan libur panjang, orang-orang yang datang pun bisa jadi lebih banyak.

4. Charity Screening

Ini dia ide konsep pemutaran yang paling oke: untuk beramal. Dengan membuat sebuah screening bertujuan mengumpulkan donasi seperti korban bencana alam, anak-anak di panti asuhan, atau korban kerusuhan, para calon penonton pun memiliki alasan lebih untuk akhirnya memutuskan datang dan berpartisipasi dalam acara pemutaran kamu.

Bagaimana? Jadi kepingin membuat screening sendiri? Apapun tujuan kamu, kamu bisa mewujudkannya bersama buttonijo! Simak panduan selengkapnya di sini, atau langsung pesan film-film favorit kamu!

Baik itu hanya untuk memutar film dan bersenang-senang, atau memiliki tujuan penting di baliknya, selamat menikmati pemutaran bikinanmu sendiri ya!

 

Disclaimer: all pictures are not ours.




Vicky Amin
Vicky Amin

Author

A writer, basically.



Syarat dan Persetujuan
Program USB Sinema Buttonijo

USB Sinema merupakan program distribusi film-film Indonesia dari Buttonijo. Metode distribusi ini adalah salah satu terobosan dari Buttonijo dengan menggunakan media USB, berisi konten film beresolusi besar, layaknya format materi film yang digunakan untuk layar lebar. USB Sinema ini memiliki proteksi file khusus yang dapat memberikan akses kepada pengguna dengan durasi terbatas. Setelah melewati dari batas waktu yang disepakati, file film yang terdapat didalam USB tersebut sudah tidak dapat diakses lagi dan pembeli dapat mempergunakan media USB Sinema seperti USB flashdisk pada umumnya. Pembagian hasil dari penjualan USB sinema ini akan diberikan sebesar 60% kepada pemilik film dan 40% kepada Buttonijo sebagai distributor.

 1. Hak Cipta

USB Sinema berisi materi film yang dilindungi oleh hukum kekayaan intelektual. Anda sebagai pihak pemesan harus dapat menjamin untuk melindungi materi tersebut dari pembajakan dan aksi lainnya.

 2. Pemesanan dan Pengiriman

a. Anda hanya dapat membeli USB Sinema ini secara online di website buttonijo.com
b. Apabila dalam membeli konten film ini anda gunakan untuk pemutaran publik, pemesanan dan pembayaran sebaiknya dilakukan paling lambat 1 (satu) minggu sebelum acara.
c. Pengiriman dilakukan dari Jakarta, dan akan dikenai biaya kirim tergantung dari masing-masing       alamat dan wilayah pemesan.

     3. Hak dan Kewajiban

    a. Anda sebagai pemesan berhak dan dapat menyelenggarakan acara pemutaran dan diskusi untuk publik. Misalkan dengan pemutaran berbayar, mendapatkan dukungan sponsor, atau bentuk pemutaran lain sesuai dengan kebutuhan dan sistem masing-masing komunitas / penyelenggara.
    b. Untuk kepentingan tersebut, anda wajib mencantumkan logo Buttonijo dalam materi publikasi acara yang diselenggarakan.
    c. Anda sebagai pemesan dan penyelenggara acara wajib memberikan laporan kepada Buttonijo untuk digunakan sebagai arsip dan pelaporan kepada para pemilik film. Laporan ini berupa dokumentasi foto, data penonton yang meliputi jumlah, kontak (no.ponsel dan surel) data usia, dan gender.
    d. Apabila dalam uji coba penayangan / screen test terdapat masalah pada isi materi yang ada dalam USB Sinema, segera mungkin menghubungi pihak Buttonijo untuk dibantu mendapatkan solusinya. Dan jika memang terdapat kesalahan / kerusakan fatal pada USB Sinema setelah pengiriman, Buttonijo akan mengirim ulang USB Sinema kepada anda.
    e. Buttonijo sebagai distributor tidak bertanggung jawab atas isi acara yang diselenggarakan oleh pihak penyelenggara dan terbebas dari tuntutan dalam bentuk apapun.

      Segala ketentuan yang berada dalam lembar ini bersifat mutlak dan merupakan kesepakatan antara anda sebagai pemesan dengan Buttonijo sebagai pihak distributor. Dengan membaca dan menyetujui, berarti anda sudah terikat dengan semua peraturan yang berlaku pada program distribusi USB Sinema Buttonijo.