USB SINEMA IN PALU: "NONTON & NGOBROL ASIK"

Palu—Main goal to make the whole Indonesia support local films has slowly come to be realized. Last weekend Buttonijo had successfully wrapped up its second workshop, in one of the biggest cities in Sulawesi. The two-day event with host Serrupa created a hype, alluring film enthusiasts and even local media to come down and join the euphoria at Rumah Juice & Momoyo Art Venture.

The screening took two days, starting from Friday October 9th to Saturday October 10th. It featured Buttonijo’s very own movie “Another Trip to the Moon” by Ismail Basbeth, which started on 7 p.m. each day. People of Palu was beyond excited about the screening—giving the fact that on its first day of the event, Rumah Juice & Momoyo Art Venture ended up overcrowded with guests and media who wanted to join the screening.

One of the reasons why the venue was full on Friday was because of the discussion session with Buttonijo. The topic was Buttonijo’s favorite: “Distribusi Film” and apparently, it was everybody else’s favorite too. Once again attendance explored new insights about the film distribution in Indonesia and its issue.

Through the event, Buttonijo strived to ignite everybody in figuring out their own initiatives to solve all these problems. The appearance of USB Sinema was then highlighted, as it gives impactful example of how a simple idea can help changing the destiny of Indonesian film future.

 

 

The screening and discussion alone were extraordinary. But this event was even greater, with the appearance of fellow media in Palu. Buttonijo earned the honor to share its story with them, pass along its value, and eventually, get a chance to be heard in not only Palu or Sulawesi, but also across Indonesia.




Vicky Amin
Vicky Amin

Author

A writer, basically.



Syarat dan Persetujuan
Program USB Sinema Buttonijo

USB Sinema merupakan program distribusi film-film Indonesia dari Buttonijo. Metode distribusi ini adalah salah satu terobosan dari Buttonijo dengan menggunakan media USB, berisi konten film beresolusi besar, layaknya format materi film yang digunakan untuk layar lebar. USB Sinema ini memiliki proteksi file khusus yang dapat memberikan akses kepada pengguna dengan durasi terbatas. Setelah melewati dari batas waktu yang disepakati, file film yang terdapat didalam USB tersebut sudah tidak dapat diakses lagi dan pembeli dapat mempergunakan media USB Sinema seperti USB flashdisk pada umumnya. Pembagian hasil dari penjualan USB sinema ini akan diberikan sebesar 60% kepada pemilik film dan 40% kepada Buttonijo sebagai distributor.

 1. Hak Cipta

USB Sinema berisi materi film yang dilindungi oleh hukum kekayaan intelektual. Anda sebagai pihak pemesan harus dapat menjamin untuk melindungi materi tersebut dari pembajakan dan aksi lainnya.

 2. Pemesanan dan Pengiriman

a. Anda hanya dapat membeli USB Sinema ini secara online di website buttonijo.com
b. Apabila dalam membeli konten film ini anda gunakan untuk pemutaran publik, pemesanan dan pembayaran sebaiknya dilakukan paling lambat 1 (satu) minggu sebelum acara.
c. Pengiriman dilakukan dari Jakarta, dan akan dikenai biaya kirim tergantung dari masing-masing       alamat dan wilayah pemesan.

     3. Hak dan Kewajiban

    a. Anda sebagai pemesan berhak dan dapat menyelenggarakan acara pemutaran dan diskusi untuk publik. Misalkan dengan pemutaran berbayar, mendapatkan dukungan sponsor, atau bentuk pemutaran lain sesuai dengan kebutuhan dan sistem masing-masing komunitas / penyelenggara.
    b. Untuk kepentingan tersebut, anda wajib mencantumkan logo Buttonijo dalam materi publikasi acara yang diselenggarakan.
    c. Anda sebagai pemesan dan penyelenggara acara wajib memberikan laporan kepada Buttonijo untuk digunakan sebagai arsip dan pelaporan kepada para pemilik film. Laporan ini berupa dokumentasi foto, data penonton yang meliputi jumlah, kontak (no.ponsel dan surel) data usia, dan gender.
    d. Apabila dalam uji coba penayangan / screen test terdapat masalah pada isi materi yang ada dalam USB Sinema, segera mungkin menghubungi pihak Buttonijo untuk dibantu mendapatkan solusinya. Dan jika memang terdapat kesalahan / kerusakan fatal pada USB Sinema setelah pengiriman, Buttonijo akan mengirim ulang USB Sinema kepada anda.
    e. Buttonijo sebagai distributor tidak bertanggung jawab atas isi acara yang diselenggarakan oleh pihak penyelenggara dan terbebas dari tuntutan dalam bentuk apapun.

      Segala ketentuan yang berada dalam lembar ini bersifat mutlak dan merupakan kesepakatan antara anda sebagai pemesan dengan Buttonijo sebagai pihak distributor. Dengan membaca dan menyetujui, berarti anda sudah terikat dengan semua peraturan yang berlaku pada program distribusi USB Sinema Buttonijo.