About Us

buttonijo is production collective and alternative film distribution initiative founded by Amir Pohan and Myrna Paramita in 2010.
As a production collective, buttonijo focuses on cinematic works as a cultural and artistic expression in the form of fiction, documentaries and in between. As a distribution initiative, buttonijo desires to provide viable alternatives to filmmakers so they don’t have to only rely on theaters or festivals as methods of distribution. For the audience, buttonijo intends on providing them access to films that find it difficult to get theatrical distribution, whilst empowering independent screening initiatives throughout Indonesia.

buttonijo currently has one active programs: offline distribution  (via USB Sinema). Anyone can access this program simply by being a buttonijo member.

buttonijo’s offline distribution or  USB Cinema uses the distribution of USB flash drives to groups or individuals that want to conduct film screenings. The file in the USB is processed to be high definition, secure from duplication, and can only be accessed for a period of time agreed upon between the screener and buttonijo. In that period of time, the screener can screen the films as many times as they want and charge tickets to the viewing public at their screenings, but past that period, the file can no longer be accessed. The ticket sales go fully to the screener so they can organize more future screenings, while the filmmakers profit from the sale of the buttonijo USB. Through USB Cinema, all the films under buttonijo have the chance to be screened anywhere locally or internationally.

Aside from film, we have also produced and distributed local music such as works by Leonardo And His Impeccable Six [The Sun, Mirrors, Built To race], Zeke Khaseli [Salacca Zalacca, Fell In Love With The Wrong Planet] and Zeke And The Popo [Space In The Headlines]. 

 

 

Buttonijo films merupakan kolektif produksi dan inisiatif distribusi film-film alternatif, dirintis oleh Amir Pohan dan Myrna Paramita pada 2010. 

Selaku kolektif produksi, buttonijo berfokus pada karya sinema sebagai ekspresi artistik dan budaya, baik dalam wujud fiksi, dokumenter, dan di antaranya. Selaku inisiatif distribusi, buttonijo ingin menghadirkan opsi alternatif bagi pembuat film, sehingga tidak harus melulu bergantung pada lembaga bioskop dan festival sebagai kemungkinan distribusi film. Bagi penonton, buttonijo bertujuan membuka akses bagi film-film yang sukar mendapat tempat di tata edar bioskop, juga semakin memberdayakan kegiatan-kegiatan pemutaran film yang kian marak di Indonesia.

Saat ini ada satu program yang buttonijo sedang giatkan yaitu distribusi offline (via USB Sinema). Siapapun yang ingin mengakses program ini cukup registrasi menjadi anggota buttonijo.

Distribusi offline atau USB Sinema memanfaatkan peredaran USB flash drive ke kelompok atau individu yang ingin mengadakan pemutaran film. USB Sinema adalah inisiatif buttonijo untuk bantu memperkuat kegiatan pemutaran independen yang banyak dilakukan komunitas film di Indonesia. Kelompok atau individu bisa membeli USB buttonijo yang sudah terisi film, untuk kemudian dijadikan materi pemutaran di layar-layar alternatif. Film dalam USB tersebut sudah diproses sedemikian rupa oleh buttonijo sehingga punya resolusi gambar high-definition, tidak bisa digandakan, dan hanya bisa diakses sampai batas waktu yang disepakati antara pemutar film dan buttonijo. Lewat batas waktu tertentu, file film secara otomatis tidak lagi bisa ditayangkan. Sampai dengan batas waktu itu juga, pemutar film punya hak untuk memutar film sebanyak yang diinginkan dan menarik tiket sesuai dengan harga yang dianggap layak. Hasil penjualan tiket menjadi milik pembuat film, untuk dijadikan modal berkegiatan lagi setelahnya, sementara pembuat film mendapat uang dari hasil penjualan USB buttonijo. Melalui USB Sinema ini, semua film dalam naungan buttonijo punya kesempatan untuk diputar pada berbagai kesempatan di berbagai wilayah Indonesia dan internasional.

Selain film, kami juga telah memproduksi dan mendistribusikan musik lokal seperti Leonardo And His Impeccable Six [The Sun, Mirrors, Built To race], Zeke Khaseli [Salacca Zalacca, Fell In Love With The Wrong Planet] and Zeke And The Popo [Space In The Headlines]. 

We Produce what we Love!

Syarat dan Persetujuan
Program USB Sinema Buttonijo

USB Sinema merupakan program distribusi film-film Indonesia dari Buttonijo. Metode distribusi ini adalah salah satu terobosan dari Buttonijo dengan menggunakan media USB, berisi konten film beresolusi besar, layaknya format materi film yang digunakan untuk layar lebar. USB Sinema ini memiliki proteksi file khusus yang dapat memberikan akses kepada pengguna dengan durasi terbatas. Setelah melewati dari batas waktu yang disepakati, file film yang terdapat didalam USB tersebut sudah tidak dapat diakses lagi dan pembeli dapat mempergunakan media USB Sinema seperti USB flashdisk pada umumnya. Pembagian hasil dari penjualan USB sinema ini akan diberikan sebesar 60% kepada pemilik film dan 40% kepada Buttonijo sebagai distributor.

 1. Hak Cipta

USB Sinema berisi materi film yang dilindungi oleh hukum kekayaan intelektual. Anda sebagai pihak pemesan harus dapat menjamin untuk melindungi materi tersebut dari pembajakan dan aksi lainnya.

 2. Pemesanan dan Pengiriman

a. Anda hanya dapat membeli USB Sinema ini secara online di website buttonijo.com
b. Apabila dalam membeli konten film ini anda gunakan untuk pemutaran publik, pemesanan dan pembayaran sebaiknya dilakukan paling lambat 1 (satu) minggu sebelum acara.
c. Pengiriman dilakukan dari Jakarta, dan akan dikenai biaya kirim tergantung dari masing-masing       alamat dan wilayah pemesan.

     3. Hak dan Kewajiban

    a. Anda sebagai pemesan berhak dan dapat menyelenggarakan acara pemutaran dan diskusi untuk publik. Misalkan dengan pemutaran berbayar, mendapatkan dukungan sponsor, atau bentuk pemutaran lain sesuai dengan kebutuhan dan sistem masing-masing komunitas / penyelenggara.
    b. Untuk kepentingan tersebut, anda wajib mencantumkan logo Buttonijo dalam materi publikasi acara yang diselenggarakan.
    c. Anda sebagai pemesan dan penyelenggara acara wajib memberikan laporan kepada Buttonijo untuk digunakan sebagai arsip dan pelaporan kepada para pemilik film. Laporan ini berupa dokumentasi foto, data penonton yang meliputi jumlah, kontak (no.ponsel dan surel) data usia, dan gender.
    d. Apabila dalam uji coba penayangan / screen test terdapat masalah pada isi materi yang ada dalam USB Sinema, segera mungkin menghubungi pihak Buttonijo untuk dibantu mendapatkan solusinya. Dan jika memang terdapat kesalahan / kerusakan fatal pada USB Sinema setelah pengiriman, Buttonijo akan mengirim ulang USB Sinema kepada anda.
    e. Buttonijo sebagai distributor tidak bertanggung jawab atas isi acara yang diselenggarakan oleh pihak penyelenggara dan terbebas dari tuntutan dalam bentuk apapun.

      Segala ketentuan yang berada dalam lembar ini bersifat mutlak dan merupakan kesepakatan antara anda sebagai pemesan dengan Buttonijo sebagai pihak distributor. Dengan membaca dan menyetujui, berarti anda sudah terikat dengan semua peraturan yang berlaku pada program distribusi USB Sinema Buttonijo.